Minggu, 20 Maret 2011

Sejarah Microsoft Visual Studio

Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang bersifat event driven dan menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program aplikasi berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman Common Object Model (COM).
Visual Basic merupakan turunan bahasa BASIC dan menawarkan pengembangan aplikasi komputer berbasis grafik dengan cepat, akses ke basis data menggunakan Data Access Objects (DAO), Remote Data Objects (RDO), atau ActiveX Data Object (ADO), serta menawarkan pembuatan kontrol ActiveX dan objek ActiveX. Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.
Pada tahun 1992 Visual Basic versi 2.0 dirilis untuk meningkatkan dan memperbaiki kinerja dari Visual Basic versi 1.0.
Pada tahun 1993 Microsoft mengeluarkan kembali versi terbaru dari Visual Basic ini yakni Visual Basic 3.0 yang ditambahkan diantaranya adanya kontrol data yang berfungsi untuk mengakses database, dan juga sudah tersedia Jet Engine versi 1.1 yang digunakan sebagai tool koneksi database melalui DAO (Data Access Object).
Pada tahun 1995 Visual Basic 4.0 dirilis dan sudah dimasukkan teknologi OLE (Object Linking Embedding) serta kemampuan untuk membuat control sendiri (OCX). Pada tahun 1997 Visual Basic 5.0 dirilis dengan memasukkan teknologi baru yang mendukung COM serta memungkinkan membuat kontrol ActiveX sendiri ataupun DLL.
Pada tahun 1998 Visual BAsic 6.0 dirilis dengan teknologi yang lebih ditingkatkan lagi khususnya dalam mengakses SQL Server dan mengusung ADO (ActiveX Data Object) yang dirancang untuk meningkatkan kinerja dalam mengakses database pada perusahan besar.
Pada tahun 2000 Microsoft memperkenalkan pertama kali teknologi .Net tetapi belum banyak menarik minat. Hingga pada tahun 2002 Microsoft merilis Visual Studio .NET 2002 yang dipaket dengan Visual Basic .NET, Visual C++ .NET, Visual C# .NET dan Visual J#. NET.
Pada tahun 2003 Visual Studio 2003 dirilis untuk memperbaiki kinerja dari visual Studio 2002 dengan meluncurkan .NET Framework versi 1.1.
Hingga pada tahun 2009 Visual Studio sudah pada versi 2010, dimana didalamnya sudah ditambahkan bahasa pemrogramana yang baru yaitu F#.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar